Latest News

Thursday, February 2, 2012

Singset dengan Kemuning


Tanaman kemuning, mungkin tak banyak yang mengetahuijelas tentnag tanaman ini. Apa sis kelebihan yang dimiliki tanaman ini sampainamanya sangat dikenal oleh masyarakat luas. Bukan karena paham benar dengansalah satu jenis tanaman hias ini, namun karena nama tanaman ini seringdipakaikan untuk hal lain misalnya saja nama jalan (hehe.. mentang-mentangpernah tinggal di jalan Kemuning) dan lain lain.

Tanaman kemuning atau dengan nama latin Murayya paniculata L.Jack ini merupakan tanamanperdu. Tanaman ini memiliki morfologis bercabang dengan tinggi pohon dapatmencapai 8 meter. Sebenarnya secara morfologi tanaman ini sangat beragam mulaidari yang tumbuh secara liar di tepi hutan sampai yang ditanam sebagai perduhias.
Daun dari tanaman in adalah daun majemukdan bersiripdengan jumlah anakan 3-9 helai. Tanaman ini juga berbunga majemuk berwarnaputih yang keluar dari ujung batang. Kemuning berbuah bulat memanjang,berdaging yang mempunyai ukuran 10-12 mm.

Tanaman kemuning ini mempunyaiberagam manfaat dalam bidang kesehatan dan termasuk tanaman herbal yang cukup dikenal. Kemuning dikenal mengobati sakit gigi, infeksi saluran kencing, eksim,gigitan binatang berbisa, anti tiroid, rematik, anestesi dan juga sebagaipenenang dan pelancar peredaran darah.

Hampir semua bagiannya bisa digunakan untuk keperluan pengobatan.Bagian akar kemuning dapatmembantu mengatasi memar akibat benturan atau pukulan, rematik,keseleo, digigit serangga danjuga untuk mengobati bisul. Kulit batangnya banyakdigunakan sebagai obat sakit gigi, nyeri akibat luka di kulit. Sementara daundan ranting dapat mengatasi radang saluran nafas, infeksi saluran kencing,keputihan dan haid tidak teratur.

Selain bermanfaat untuk kesehatan,tanaman kemuning juga bisa membantu menjaga penampilan kita yaitu dengan melangsingkan tubuh.

Cara membuat ramuan singsetnya sebagai berikut :
-      Tumbuk halus segenggam daun kemuning segar +daun mengkudu + 1/2 jari kelingking temu giring.
-      Tambahkan secangkirair masak sambil di aduk rata, peras dengan menggunakan kain bersih kemudianminum air perasan tersebut pagi hari sebelum makan

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post