Latest News

Wednesday, February 1, 2012

WABUP BUKA ORIENTASI DAN WORKSHOP PNPM PISEW 2012


Kamis (2/2) di Aula Mandapai Bappeda Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) di gelar pembukaan Orientasi dan Workshop Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Pengembangan Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PNPM PISEW) Kabupaten HSS Tahun 2012. Orientasi dan Workshop PNPM PISEW ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati HSS H. Ardiansyah, S. Hut.

Hadir pada saat itu, Anggota DPRD Kabupaten HSS, Kepala Bappeda HSS, SKPD terkait, Tim koordinasi PNPM PISEW Provinsi Kalimantan Selatan (Kal-Sel), Kabupaten HSS, Kecamatan dan Desa serta para Konsultan Provinsi Kal-Sel dan Kabupaten HSS.

Dalam sambutannya Wakil Bupati HSS H. Ardiansyah, S. Hut mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar program PNPM Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten HSS yang telah mengukir prestasi ditingkat nasional yang merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten HSS. Wakil Bupati berharap di tahun-tahun yang akan datang kegiatan PNPM lebih ditingkatkan lagi dan dengan adanya workshop, maka akan ada hasil untuk infrastruktur serta masyarakat miskin yang ada di Kabupaten HSS bisa untuk dilibatkan bukan hanya sebagai buruh kasar.

Perwakilan dari Tim Koordinasi PNPM Provinsi Kal-Sel Rahmadi menyampaikan bahwa program PNPM PISEW telah dilaksanakan sejak tahun 2008 yang pelaksanaannya di 5 Kabupaten dengan 28 Kecamatan. Pada tahun 2011 yang lalu pelaksanaan kegiatan di daerah telah dapat diselesaikan sesuai dengan sasaran. Oleh karena itu, usaha-usaha penanggulangan kemiskinan kedepan akan terus diupayakan. Dengan target penduduk miskin yang diharapkan pada tahun 2015 nantinya adalah sebesar 3,99% sehingga perlu adanya dukungan dan kerja keras bersama dalam rangka penurunan angka kemiskinan di daerah. Pada kesempatan itu, Beliau berharap agar Pemerintah Pusat dapat memberi dukungan melalui alokasi program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan didaerah untuk dapat dilanjutkan dan ditingkatkan lagi baik dari segi jumlah program dan pada kegiatan alokasi dana penanggulangan kemiskinan di daerah.

Kemudian Rahmadi mengatakan bahwa pada tahun 2011 yang lalu kegiatan PNPM PISEW di Kabupaten HSS cukup berhasil pada bidang perencanaan dan juga dibidang kontruksi fisik yag telah membangun infrastruktur dari sumber dana JBIC sebanyak 181 paket kegiatan. Pada tahun 2011, HSS mengukir Prestasi di tingkat Provinsi Kal-Sel yakni penyelesaian palig cepat pelaksanaan kontruksi fisik dan penyerapan dana dan ditingkat nasional adalah juara I poster pada acara promosi dan ekspo KSK di Jakarta.

Panitia Penyelenggara Hj. Murjiah menyampaikan laporannya bahwa dalam rangka mendorong percepatan pemberantasan kemiskinan, pemerintah menerapkan program pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan sebagai prioritas utama pembangunan nasional diklasifikasikan pada kelompok penanggulangan kemiskinan. Hj. Murjiah mengungkapkan program PNPM Pisew merupakan program inti dari PNPM Mandiri. Tujuan orientasi dan workshop adalah menyampaikan kerangka kebijakan dasar implementasi PNPM PISEW kepada pelaku dan pengelola PNPM PISEW ditingkat Kabupaten dan Kecamatan dan menjelaskan langkah strategis implementasi PNPM PISEW tahun 2012 agar dapat mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan program serta menetapkan langkah antisipatif berbagai kendala yang mungkin dihadapi dalam implementasi PNPM PISEW tahun 2012.

Adapun peserta sebanyak 60 orang yang terdiri dari unsur DPRD Kabupaten HSS, Tim Sekretariat PISEW Kabupaten, SKPD terkait, Pokja Kecamatan, PJOK, PJOK KSK, FK, FK KSK, TtL, TtL KSK. (siska_hms)

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post