Latest News

Wednesday, February 1, 2012

Mengenal Manfaat Pacar Air (Impatiens balsamina L)


Oleh : ICHSAN KURNIAWAN
Pacar air. Begitulah sebutantanaman yang tegak dengan batangnya yang berair. Daunnya berbentuk mata tombakhingga pangkal mempunyai grigi yang tajam. Tinggi tanaman ini sampai 0,8 meter.Tangkai bungab erjumlah 3 buah, sementara kelopak samping 2 mm. Tanamanbermahkota 5 lembar, empat berbentuk jantung terbalik berkuku. Mempunyai bungayang berwarna warni dengan warna yang agak mencolok.
Tanaman ini hidup semusim. Pacar air yang mempunyai nama ilmiahimpatiens balsamina di beberapa daerah di kenal sebagai tanaman untukmempercantik kuku, dengan menempelkan daun pacar air yang telah ditumbuk di atas kuku dan membiarkan hingga kering akan memberikan warna kuningtua alami pada kuku.
Pacar air mempunyai sebutan berbeda - beda disetiap daerah, seperti di nusa tenggara di sebut pacar foya, di daerah Sulawesi disebut gofu, orang Jawa menyebutnya pacar banyu, sementara orang Betawi menyebut dengankimhong.

Tanamanini dikenal sebagai tanaman herba yang mempunyai banyak khasiat. Dalam pengobatan cina danindia , pacar air juga merupakan salah satu bahan yang sudah sejak lamadi gunakan. Tanaman inimemang mempunyai manfaat yang cukup baik untuk membantu mengatasi beberapamasalah dalamkesehatan kita.Namun perlu di perhatikan bahwa ibu hamil tidak di anjurkan untuk mengkonsumsiramuan berbahan pacar air untuk menghindari keguguran dan pamakaian yangterlalu lama akan membuat mulut tersa kering, nafsu makn berkurang dan perutmual. Namun bila pemakaian di hentikan selama 3 hari, efek tersebut akan hilangdengan sendirinya.

Berikutbeberapa manfaat ramuanberbahan pacar air :
-      - Tanaman ini mengobati depresan pada penyakit ayan(epilepsi). Untuk kasus ini bagian tanaman yang dimanfaatkan yakni akartunggang sebanyak 7 buah dan 15 gram daun seribu kering. Campuran ini direbusdalam 3 gelas air hingga tersisa segelas. Meminumnya ketika kambuh.
-      - Mengatasi Keputihan, caranya dengan merebus 30 g daun pacar airbersama 2 gelas air hingga tersisasetengahnya, setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari masing - masing 1/2gelas.

-      - Mengatasi Bengkak Akibat Gumpalan Darah (Hematoma) dengan cara menggilingsampai halus 8 kuntum bunga pacar air kemudian tambahkan arak putihsecukupnya, lalu tempelkan ke tempat bengkak dan balut dengan kain. Gantibalutan 2-3 kali sehari.

-      -Mengobati tertusuk duri atau tulang di kerongkongan, yakni dengan memanfaatkan  akar pacar airyang telah di cuci secukupnya, kemudian kunyah dan telan dengan air hangat.

-      - Mengobati Radang Usus buntu, dengan cara merebus30 g daun pacar air, 30 g daun sambiloto dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya, setelahdingin saring dan minum. Lakukan secara rutin.

-      - Menyehatkan Kuku, caranya dengan menghaluskan seluruh bagian pacarair secukupnya, kemudian tempelkan pada kuku dan balut dengan kain kasahinngga kering. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.

-      - Mengatasi Hipertensi, caranya dengan merebus 10 g bunga pacar air,100 gr seledri dengan400 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum airnya.

Pacar air inimemiliki kandungan lawson (2 hydroxil-1,4-naphthoquenone), 2 methoxy-1, mannoheptulose dan 3-(2-carboxyphenyl)-3-oxopropionate. (disari dr berbagai sumber).

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post